kecerdasan plus karakter itulah tujuan pendidikan sejati
Disusun Oleh: Halinis, S.Si ,Farida, Landra, Amalia Cintya N, S.Pd
PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan fondasi penting bagi perkembangan individu dan masyarakat. Setiap negara memiliki sistem pendidikan yang berbeda, yang dipengaruhi oleh budaya, ekonomi, dan kebijakan pemerintah. Artikel ini akan membahas perbandingan sistem pendidikan antara Korea Selatan dan Amerika Serikat, mencakup kurikulum, metode pengajaran, nilai-nilai yang diajarkan, dan hasil pendidikan.
1. Struktur Pendidikan
Korea Selatan
Sistem pendidikan di Korea Selatan terstruktur dengan jelas, terdiri dari pendidikan dasar, menengah, dan tinggi. Pendidikan dasar berlangsung selama 6 tahun, diikuti oleh 3 tahun pendidikan menengah pertama dan 3 tahun pendidikan menengah atas. Pendidikan di Korea Selatan sangat kompetitif, dan ujian masuk universitas sangat penting.
(Sistem Pendidikan Korea Selatan Dan Indonesia, https://ejournal.lapad.id/index.php/jsiiJurnal Studi Islam Indonesia (JSII) Vol. 1, No. 1, Juni 2023)
Amerika Serikat
Sistem pendidikan di Korea Selatan terstruktur dengan jelas, terdiri dari pendidikan dasar, menengah, dan tinggi. Pendidikan dasar berlangsung selama 6 tahun, diikuti oleh 3 tahun pendidikan menengah pertama dan 3 tahun pendidikan menengah atas. Pendidikan di Korea Selatan sangat kompetitif, dan ujian masuk universitas sangat penting
(Sistem Pendidikan di Negara Maju Amerika Serikat, ADIBA: JOURNALOF EDUCATION Vol. 2 No. 3 Juli 2022, page 311-317e-ISSN: 2808-4721311)
2. Kurikulum
Korea Selatan
Kurikulum di Korea Selatan sangat terstandarisasi, dengan fokus pada mata pelajaran inti seperti matematika, sains, dan bahasa Korea. Selain itu, siswa juga belajar bahasa Inggris dan pendidikan karakter. Penekanan pada ujian nasional membuat siswa sering menghadapi tekanan untuk mencapai hasil yang baik
(Sistem Pendidikan Korea Selatan Dan Indonesia,
https://ejournal.lapad.id/index.php/jsii Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII) Vol. 1, No. 1, Juni 202317 )
Amerika Serikat
Kurikulum di Amerika Serikat lebih bervariasi dan dapat berbeda antar daerah. Selain mata pelajaran inti, siswa juga memiliki kesempatan untuk mengambil mata pelajaran pilihan seperti seni, olahraga, dan teknologi. Pendekatan yang lebih fleksibel ini memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi minat mereka.
(Sistem Pendidikan di Negara Amerika Serikat, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal (JIPKL) Vol. 2 No. 1 Januari 2022, Hal. 27-36 e-ISSN: 2964-0687 27)
3. Metode Pengajaran
Korea Selatan
Metode pengajaran di Korea Selatan cenderung bersifat konvensional, dengan fokus pada ceramah dari guru dan penghafalan. Partisipasi aktif siswa dalam diskusi masih kurang. Namun, belakangan ini, ada upaya untuk mengintegrasikan metode pembelajaran yang lebih interaktif.
(Sistem Pendidikan Korea Selatan Dan Indonesia, https://ejournal.lapad.id/index.php/jsii, Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII) Vol. 1, No. 1, Juni 2023)
Amerika Serikat
Metode pengajaran di Amerika Serikat lebih beragam, dengan penekanan pada pembelajaran berbasis proyek, diskusi kelas, dan kolaborasi antar siswa. Hal ini mendorong kreativitas dan kemampuan berpikir kritis siswa.
(Sistem Pendidikan di Negara Maju Amerika Serikat, ADIBA: JOURNALOF EDUCATION Vol. 2 No. 3 Juli 2022, page 311-317e-ISSN: 2808-4721311)
4. Nilai-nilai yang diajarkan
Korea Selatan
Nilai-nilai seperti disiplin, kerja keras, dan kehormatan keluarga sangat dijunjung tinggi dalam sistem pendidikan Korea. Siswa diajarkan untuk menghormati guru dan orang tua serta berusaha keras untuk mencapai tujuan akademik
(Sistem Pendidikan Korea Selatan Dan Indonesia, https://ejournal.lapad.id/index.php/jsii Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII) Vol. 1, No. 1, Juni 202317 )
Amerika Serikat
Di Amerika Serikat, nilai-nilai yang diajarkan lebih berfokus pada individualisme, keberagaman, dan kreativitas. Siswa diajarkan untuk berpikir kritis, berinovasi, dan menghargai perbedaan antar individu.
(Sistem Pendidikan di Negara Amerika Serikat, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal (JIPKL) Vol. 2 No. 1 Januari 2022, Hal. 27-36 e-ISSN: 2964-0687 27)
5. Hasil Pendidikan
Korea Selatan
Korea Selatan memiliki salah satu sistem pendidikan dengan hasil yang sangat baik dalam tes internasional, seperti PISA (Programme for International Student Assessment). Siswa Korea seringkali menduduki peringkat tinggi dalam matematika dan sains
(Sistem Pendidikan Korea Selatan Dan Indonesia, https://ejournal.lapad.id/index.php/jsiiJurnal Studi Islam Indonesia (JSII) Vol. 1, No. 1, Juni 2023)
Amerika Serikat
Sementara itu, hasil pendidikan di Amerika Serikat bervariasi. Meskipun banyak universitas di AS menduduki peringkat tinggi di dunia, ada juga tantangan terkait kesenjangan pendidikan dan tingkat kelulusan yang bervariasi antar daerah
(Sistem Pendidikan di Negara Maju Amerika Serikat, ADIBA: JOURNALOF EDUCATION Vol. 2 No. 3 Juli 2022, page 311-317e-ISSN: 2808-4721311)
TABEL KOMPARASI SISTEM PENDIDIKAN
KOREA SELATAN-AMERIKA SERIKAT
Aspek |
Korea Selatan |
Amerika Serikat |
Struktur Pendidikan |
Pendidikan Dasar : 6 tahun
Pendidikan Menengah Pertama: 3 Tahun
Pendidikan Menengah Atas: 3 tahun |
Pendidikan Dasar: 5-6 tahun (TK hingga kelas 5)
Pendidikan Menengah Pertama: 3 tahun (kelas 6-8)
Pendidikan Menengah Atas: 4 tahun (kelas 9-12) |
Kurikulum |
Terstandarisasi: fokus pada matematika, sains dan bahasa korea |
Variatif dengan mata pelajaran inti dan pilihan (seni, olahraga, teknologi) |
Metode Pengajaran |
Cenderung konvensional (ceramah dan penghafalan) |
Beragam(Pembelajaran berbasis proyek, diskusi dan kolaborasi) |
Nilai-nilai |
Disiplin kerja keras dan kehormatan keluarga |
Individualisme, keberagaman, dan kreativitas |
Hasil Pendidikan |
Peringkat tingggi dalam tes internasional (PISA) |
Variasi hasil: pendidikan dan banyak universitas terkemuka |
Tekanan Akademik |
Tinggi: Teritama menjelang ujian masuk universitas |
Beragam, tetapi ada juga tekanan terkait persaingan |
Fokus pada kreativitas |
Terbatas, meskipun pada upaya untuk perubahan |
Tinggi: dengan dorongan untuk inovassi dan eksplorasi |
Sistem Pendidikan Tinggi di Korea Selatan dan Amerika Serikat: Analisis Perbandingan, ADIBA: JOURNALOF EDUCATION Vol. 3 No. 3 Juli 2021, page 311-317e-ISSN: 2808-4721311
OPINI
Halinis :
Korea Selatan unggul dalam disiplin dan hasil akademik, sistem pendidikan AS lebih menekankan pada kreativitas dan kesejahteraan siswa
Landra :
Sistem pendidikan di Korea Selatan terkenal sangat disiplin dan kompetitif. Siswa sering menghadapi tekanan untuk mencapai prestasi akademik yang tinggi, dengan banyak yang mengikuti kelas tambahan (hagwon) setelah sekolah
Farida :
Banyak sekolah di AS kini menekankan pentingnya kesejahteraan emosional dan mental siswa, serta pengembangan sosial
Amalia Cintya :
Pendidikan di AS cenderung lebih fleksibel dan berfokus pada pengembangan kreativitas dan pemikiran kritis.
KESIMPULAN
Perbandingan antara pendidikan Korea Selatan dan Amerika Serikat menunjukkan bahwa kedua sistem memiliki kekuatan dan tantangan masing-masing. Korea Selatan menonjol dalam hasil akademik yang tinggi, namun menghadapi tantangan terkait tekanan akademik.
Sementara itu, Amerika Serikat menawarkan pendekatan yang lebih fleksibel dan kreatif, tetapi mengalami kesenjangan dalam kualitas pendidikan.
Memahami perbedaan ini dapat membantu negara-negara lain dalam merumuskan kebijakan pendidikan yang lebih baik.
REFERENCE
Kolektivitas dalam Nomenklatur Pendidikan Moral di Korea Selatan. Diaz Putri dkk. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol. 1 No. 8 Agustus Tahun 2021
Sistem Pendidikan di Negara Maju Amerika Serikat. Wahab Syakhrani Abdul. JOURNALOF EDUCATION Vol. 2 No. 3 Juli 2022, page 311-317e- ISSN: 2808
Sistem Pendidikan Korea Selatan Dan Indonesia. Wulandari Destri dkk. Jurnal Studi Islam Indonesia(JSII)P-ISSN: 000-000| E-ISSN: 000- 000Vol. 1No. 1(2023) pp. 17-32 Available online at https://ejournal.lapad.id/index.php/jsiiJurnal Studi Islam Indonesia (JSII) Vol. 1, No. 1, Juni 2023
Sistem Pendidikan Korea Selatan Dan Indonesia. Wulandari Destri dkk. Jurnal Studi Islam Indonesia(JSII)P-ISSN: 000-000| E-ISSN: 000- 000Vol. 1No. 1(2023) pp. 17-32 Available online at https://ejournal.lapad.id/index.php/jsiiJurnal Studi Islam Indonesia (JSII) Vol. 1, No. 1, Juni 2023
Komentar (0)